Pages

Rabu, 02 September 2015

Cara Belajar Mengoperasikan Linux


Cara Mengoperasikan Linux


Sebagian besar komputer menjalankan beberapa versi Microsoft Windows, namun beberapa server dan komputer desktop berjalan pada kernel Linux, yang rasa Unix. Belajar jalan sekitar Linux dapat menakutkan pada awalnya, karena tampaknya sangat berbeda dari Windows, tetapi dapat menjadi pengalaman yang sangat berharga.


Use Linux Step 1 Version 3.jpg



1. Menjadi akrab dengan sistem. Coba men-download dan menginstal pada komputer Anda. Jika Anda tidak yakin, menyadari bahwa itu mungkin untuk menjaga sistem operasi Anda saat ini dan mendedikasikan bagian dari hard drive Anda untuk Linux (dan Anda bahkan dapat menjalankan kedua pada saat yang sama jika Anda menjalankan satu pada mesin virtual).

Use Linux Step 2 Version 3.jpg

2Menguji hardware Anda dengan "Live CD" yang disediakan oleh banyak distribusi Linux. Hal ini berguna jika Anda merasa tidak nyaman dengan menginstal sistem operasi kedua pada komputer Anda. Sebuah live CD akan memungkinkan Anda untuk boot ke lingkungan Linux dari CD, tanpa perlu menginstal apapun pada komputer Anda. Ubuntu dan beberapa distro Linux lainnya juga menawarkan CD atau DVD yang memungkinkan Anda untuk boot ke modus Live, dan kemudian menginstal dari disk yang sama.

Use Linux Step 3 Version 3.jpg

3. Mencoba tugas Anda biasanya menggunakan komputer Anda untuk. Mencari solusi jika Anda tidak bisa kata-proses atau membakar CD misalnya. Membuat catatan dari apa yang ingin Anda lakukan, bisa dilakukan dan tidak bisa lakukan sebelum Anda mengambil risiko.

Use Linux Step 4 Version 3.jpg

4Pelajari distribusi Linux. Ketika mengacu pada "Linux", ini paling sering berarti "GNU / Linux distribusi." Distribusi adalah kumpulan dari software yang berjalan di atas sebuah program yang sangat kecil yang disebut kernel Linux.

Use Linux Step 5 Version 3.jpg

 5. Pertimbangkan dual-boot. Ini akan membantu Anda memahami partisi serta membiarkan Anda terus menggunakan Windows. Tetapi pastikan untuk membuat cadangan semua data pribadi Anda dan pengaturan sebelum Anda mencoba untuk mengatur dual boot.}Gunakan Linux Langkah 6 Versi 3.jpg

Use Linux Step 6 Version 3.jpg

6Menginstal perangkat lunak. Biasakan untuk menginstal dan menghapus perangkat lunak secepat Anda bisa. Memahami manajemen paket dan repositori baik untuk fundamental pemahaman Linux.Gunakan Linux Langkah 7 Versi 3.jpg

Use Linux Step 7 Version 3.jpg

7Belajar untuk menggunakan (dan menikmati menggunakan) antarmuka baris perintah. Hal ini dikenal sebagai 'Terminal', 'jendela terminal', atau 'shell'. Salah satu alasan utama banyak pengguna beralih ke Linux adalah karena fitur terminal, jadi jangan terintimidasi oleh itu. Ini adalah sekutu kuat yang tidak memiliki keterbatasan yang sama dari command prompt Windows. Anda bisa dengan mudah menggunakan Linux tanpa pernah menggunakan terminal seperti yang dilakukan pada Mac OSX. Menggunakan "berhubung" dapat membantu Anda menemukan sebuah perintah yang melakukan tugas tertentu. Coba "pengguna apropos" untuk melihat daftar perintah yang memiliki kata "pengguna" dalam deskripsi mereka.Gunakan Linux Langkah 8 Versi 3.jpg

Use Linux Step 8 Version 3.jpg

8Membiasakan diri dengan sistem file Linux. Anda pertama akan melihat bahwa tidak ada lagi "C: \" Anda digunakan untuk di Windows. Semuanya dimulai pada akar sistem file (alias "/") dan hard drive yang berbeda diakses melalui direktori / dev. Direktori home Anda, yang biasanya Anda temukan di C: \ Documents and Settings di Windows XP dan 2000, sekarang terletak di / home.Gunakan Linux Langkah 9 Versi 3.jpgMengedit langkah

Use Linux Step 9 Version 3.jpg

9Terus menyelidiki potensi Linux Anda menginstal. Coba partisi terenkripsi, file system baru dan sangat cepat (seperti btrfs), disk paralel berlebihan yang meningkatkan kecepatan dan keandalan (RAID) dan mencoba untuk menginstal Linux pada bootable USB stick. Anda akan segera menemukan bahwa Anda dapat melakukan banyak hal!


Tips
Membangun sistem Linux pertama Anda dengan fungsi tertentu dalam pikiran, dan ikuti langkah dokumen HOWTO demi langkah. Misalnya, langkah-langkah dalam mendirikan sebuah file server cukup sederhana, dan Anda dapat menemukan banyak situs yang menuntun Anda melalui proses langkah demi langkah. Ini akan membiasakan Anda dengan mana hal-hal berada, apa yang mereka lakukan, dan bagaimana mengubahnya.
    Bersabarlah, dan bersiaplah, jika Anda benar-benar ingin belajar menggunakan GNU. Hindari bergerak dari distro ke distro untuk menemukan satu yang mendapat segalanya dengan benar. Anda akan belajar paling dari belajar bagaimana untuk memperbaiki apa yang tidak bekerja.
    
Merujuk ke direktori sebagai "direktori" dan tidak "folder"; meskipun dua kata tampaknya identik, "folder" adalah konsep Windows.
    
Ingatlah bahwa hanya DOS menggunakan backslash ("\") untuk membatasi direktori, sedangkan Linux menggunakan garis miring ("/"). Backslashes di Linux terutama digunakan untuk melarikan diri karakter (misalnya, \ n adalah baris baru, \ t adalah karakter tab).
    
Anda dapat memperoleh bantuan untuk hampir semua program tertentu atau distro di irc.freenode.net IRC server (contoh: #debian, #ubuntu, #python, #FireFox, dll). Anda dapat menemukan komunitas pengguna juga di irc.freenode.net.
    
Ada beberapa situs dan mailing list di Internet dengan informasi tentang Linux. Melakukan pencarian online untuk menemukan jawaban atas pertanyaan Anda.
    
Buku dari penerbit John Wiley & Sons, O'Reilly dan ada Pati Tekan yang layak memiliki untuk belajar tentang Linux. Ada juga "Pada mulanya ... adalah Command Line" oleh Neal Stephenson tersedia di http://www.cryptonomicon.com/beginning.html, dan "LINUX: Tutorial Rute Pengguna dan Pameran", tersedia di http://smalltownstripes.blogspot.com/


Peringatan
Pada semua * nix sistem (Linux, UNIX, BSD *, dll), administrator atau akun superuser adalah 'akar'. Anda adalah administrator dari komputer Anda, tetapi 'root' tidak account pengguna Anda. Jika proses instalasi tidak melakukannya, membuat diri account biasa dengan 'useradd <namaAnda>' dan menggunakannya untuk bisnis sehari-hari Anda. Alasan pemisahan ini antara Anda pengguna dan administrator Anda adalah bahwa sistem * nix menganggap akar tahu apa yang dia lakukan dan tidak berbahaya. Oleh karena itu, tidak ada peringatan. Jika Anda mengetik perintah tertentu sistem diam-diam akan menghapus setiap file di komputer Anda, tanpa disuruh untuk konfirmasi, karena itulah yang akar diminta untuk melakukan.
    Kadang-kadang orang menyarankan perintah berbahaya perintah cek sehingga ganda sebelum Anda mengetikkannya.
    
Tidak menjalankan rm-rf / atau sudo rm-rf / kecuali jika Anda serius mempertimbangkan menghapus semua data Anda. Jalankan perintah 'man rm' untuk lebih jelasnya.
    
Demikian pula, tidak membuat file bernama 'rf'. Jika Anda menjalankan perintah untuk menghapus semua file dalam direktori yang akan mengurai file 'rf' sebagai argumen baris perintah dan menghapus semua file dalam sub-direktori juga.
    
Ini mungkin tergoda untuk mengetik buta "kutukan" Anda ditemukan pada beberapa situs web, mengharapkan bahwa mereka akan melakukan tugas dijelaskan. Namun ini sering gagal hanya karena Anda memiliki versi yang lebih baru, perangkat keras yang sedikit berbeda atau distribusi yang lain. Cobalah untuk mengeksekusi setiap "kutukan" dengan pilihan help pertama dan memahami bahwa yang dilakukannya. Maka biasanya sangat mudah untuk memperbaiki berbagai masalah kecil (/ dev / sda -> / dev / sdb dan sebagainya), mencapai tujuan yang dijelaskan.
    
Selalu cadangan file Anda sebelum Anda mencoba untuk kembali partisi-drive Anda ketika menginstal Linux. Cadangan file Anda ke removable media seperti CD, DVD, disk USB, atau hard drive yang berbeda (bukan partisi yang berbeda).


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About